Tuesday 28 June 2016

CINTAI AL-QUR'AN



CINTAI AL-QUR'AN





Salah satu bukti tanda cinta kita kepada Allah subahanna huata’ala adalah dengan menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Diantara bukti ketaatan kita terhadap robb-Nya ialah dengan senantiasa membaca dan merenungi Al-Qur’an. Dengan penuh kekhusyu’an dan menghayati apa yang terkandung di dalamnya. Para salafush-shalih, ketika membaca al Qur`an, mereka sangat menghayati maknanya. Sehingga ketika membaca al Qur`an, seolah-olah seperti seorang perantau yang sedang membaca sebuah surat dari kekasihnya.

Al Hasan al Basri berkata,”Sesungguhnya orang-orang sebelum kalian menganggap al Qur`an adalah surat-surat dari Rabb mereka. Pada malam hari, mereka selalu merenunginya, dan akan berusaha mencarinya pada siang hari.” At Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur`an, Imam an Nawawi, halaman 28.

Al Imam Ibnul Jauzi berkata,”Seseorang yang membaca al Qur`an, hendaknya melihat bagaimana Allah berlemah-lembut kepada makhlukNya dalam menyampaikan makna perkataanNya ke pemahaman mereka. Dan hendakya ia menyadari, apa yang ia baca bukan perkataan manusia. Hendaknya ia menyadari keagungan Dzat yang mengucapkannya, dan hendaknya ia merenungi perkataanNya.” Mukhtasar Minhajul Qasidin, halaman 46.

Wahai saudaraku perhatikanah bagaimana para salafus sholih sangat mencintai Al-Qur’an, senantiasa merenungi isi kandungan dan mengamalkannya, bukti kecintaan terhadap Al-qur’an merupakan kenikmatan yang sangat luarbiasa. Bukan hanya ketenangan jiwa yang akan didapatkan bagi para kaum musimin yang membacanya, namun rahmat dan kasih sayang tiada batas yang akan diberikan oleh Allah subahanna huata’ala terhadap hambanya.
Rasulullah juga memberitahukan tentang ketinggian derajat Ahlul Qur`an. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ الهَ يَرْفَعُ بِهَذَا الْكِتَابِ أَقْوَامًا وَيَضَعُ بِهِ آخَرِينَ

“Sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat beberapa kaum dengan kitab (al Qur`an) ini dan menghinakan yang lain”. Imam Muslim, no. 269 (1/559).

Marilah kita hiasi hari-hari kita dengan membaca Al-Qur’an, jadikan ia sebagai obat ketenangan jiwa kita, jadikan ia sebagai syafaat di akhirat kelak dan jangan jadikan Al-Qur’an ini sebagai hiasan, pajangan dinding. Namun tanamkanlah cinta kita terhadap Al-Qu’an, Tumbuhkan rasa keinginan kita untuk selalu membaca dan mengamalkan Al-Qur’an.


Wallahualam

https://www.youtube.com/channel/UCejVYGwUyfh2Y9IHIlyScVw
;

You May Also Like

Subscribe by Email

CINTAI AL-QUR'AN
4/ 5
Oleh