Administrasi Program Pembelajaran
dalam Pendidikan
Oeh : Ust. Sarifudin, S.Pd.I., M.Si
NKM : 207.006.009
Pengertian Administrasi Program Pembelajaran
Menurut M. Ngalim Purwanto (2000: 1-2) kata “administrasi” berasal dari bahasa Latin yang terdiri atas kata ad dan ministrare. Kata ad mempunya arti yang sama dengan kata to dalam bahasa inggris, yang berarti “ke” atau “kepada”. Ministrare sama artinya dengan kata to serve atau to conduct yang berarti “melayani” “membantu”, atau “mengarahkan”.
Dalam bahasa Inggris to administer berarti pula “mengatur”, “memelihara” (to look after), dan “mengarahkan”. Jadi, kata administrasi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan, atau mengatur semua kegiatan di dalam mencapai suatu tujuan.
Pengertian Program
Program adalah rencana dan kegiatan yang direncanakan dengan seksama.
Pengertian Pembelajaran
Menurut Kunandar (2008) pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik.
Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, menurut PP 19 tahun 2005 terdiri dari:
Pengertian Administrasi Progam Pembelajaran
Administrasi Program Pembelajaran Adalah Kegiatan
Yg meliputi Pengaturan Seperangkat Program Pengalaman Belajar Yang di Susun Untuk
Mengembangkan Kemampuam Siswa Sesuai Dengan Tujuan Sekolah Dalam
Rangka Terciptanya Proses Belajar Mengajar Yang Efektif Dan Efisien.
Kegiatan –Kegiatan Administrasi Program
Pembelajaran
1. Penyusunan Program
1. Penyusunan Program
Adalah Memikirkan Dan Menetapkan
Kegiatan Yang Akan Di lakukan Selama Satu Tahun Ajaran Dalam Rangka Mencapai
Tujuan Pendidikan.
2. Kalender pendidikan
2. Kalender pendidikan
Adalah suatu jadwal yang berisikan
angka –angka numeric yang harus di ikuti oleh sekolah di mana pada jadwal
tersebut sudah di tentukan di mana terdapat hari,tanggal,bulan n
tahun yang sudah di resmikan oleh Diknas.
3. Jadwal kegiatan belajar mengajar
3. Jadwal kegiatan belajar mengajar
Adalah suatu kegiatan dalam proses belajar
mengajar yang sudah di tentukan oleh pihak sekolah sehingga tercapainya proses
belajar mengajar yang efektif.
4. Perencanaan belajar mengajar
4. Perencanaan belajar mengajar
Adalah suatu rancangan kegiatan yang harus di
lakukan oleh pihak sekolah sehingga terlaksananya proses belajar mengajar yang
kita inginkan.tanpa adanya perencanaan belajar mengajar sangat susah menentukan
apa-apa saja yang di perlukan oleh para anak didik.oleh karena itu sebelum
melaukan kegiatan belajar mengajar terlebih dahulu di lakukan adanya kegiatan perencanaan(planning
).
5. Pembukaan tahun ajaran baru
5. Pembukaan tahun ajaran baru
Adalah kegiatan setiap awal tahun yang di
dalamnya terdapat berbagai macam kegiatan seperti penerimaan siwa baru dengan
di adakan sensus anak usia prasekolah.di mana sekolah itu sudah menyiapkan buku
untuk pendaftaran anak murid yg mau masuk di tk tersebut.selain buku di berikan
formulir berupa biodata anak yg berisi tentang nama,tempat tanggal
lahir,umur,nama orang tua,pekerjaan orang tua dll.
6. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
6. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
Adalah suatu kegiatan yang di lakukan baik itu
di dalam kelas,maupun di luar kelas yang berada di lingkungan sekolah yang
terdiri dari pendidik dan anak didiknya.di mana dalam kegiatan proses belajar
mengajar ada di laksanakan suatu kegiatan yang memberikan pengetahuan kepada
anak sehingga kecerdasan yg di miliki anak bisa bertambah serta aspek-aspek
perkembangan yang di miliki oleh anak bisa terlihat.
7. Pengaturan Metode Pembelajaran
7. Pengaturan Metode Pembelajaran
Adalah proses mengatur serta merancang suatu
kegiatan bermain yang mana akan di laksanakan baik itu di dalam kelas maupun di
luar kelas yang sudah terlebih dahulu di persiapkan oleh guru dalam proses
belajar mengajar sehingga kegiatan permainan tersebut dapat berjalan dengan
lancar.
8. Pelaksanaan evaluasi
8. Pelaksanaan evaluasi
Adalah suatu kegiatan yang di lakukan oleh para
guru atau tutor untuk menilai anak didiknya berdasarkan kemampuan yang di
miliki anak didiknya.bentuk penilaian atau pelaporan dalam bentuk sebuah narasi
yang di tulis dalam buku rapor yang berisikan tentang aspek-aspek perkembangan
pada anak didik.
9. Layanan bimbingan dan penyuluhan
9. Layanan bimbingan dan penyuluhan
Yaitu suatu tempat di mana di lakukan
konsultasi mengenai apa-apa saja permalsahan yang di hadapi baik orang tua
maupun anak didik itu sendiri.layanan ini bertujuan bagi anak-anak yang sedang menghadapi
masalah yang membutukan perhatian dari seorang guru dan tugas dari guru adalah
menangani masalah yang ada pada anak.selain pada anak orang tua juga di berikan
bimbingan atau penyuluhan mengenai orientasi program sekolah pada tk tersebut.
10. Penutupan tahun ajaran baru
10. Penutupan tahun ajaran baru
Adalah kegiatan yang di lakukan setiap tahun di
mana kegiatan tersebut antara lain yaitu adnya laporan pertanggungjawaban ke
diknas setiap tahunnya mengenai kegiatan apa saja yang di lakukan baik itu
dalam urusan administrasi,keuangan dan lain-lain serta adanya penyerahan ijazah
para siswa yang mau tamat di sekolah tersebut serta di adakan kegiatan
seni tari pada sat penyerahan ijazah berlangsung.
Ruang lingkup administrasi kurikulum dan
pembelajaran meliputi hal-hal sebagai berikut:
1. Standar Isi
Berdasarkan PP 19 Tahun 2005 dan Peratuan Menteri No. 22
Tahun 2006, Standar isi meliputi:
a. Kerangka dasar dan struktur kurikulum yang merupakan pedoman
dalam penyusunan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan.
b. Beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan
dasar dan menengah,
c. Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang akan dikembangkan
dan disusun oleh guru berdasarkan panduan penyusunan kurikulum sebagai bagian
tidak terpisahkan dari standar isi,
d. Kalender pendidikan untuk penyelenggaraan pendidikan pada
satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Standar isi
dikembangkan oleh BSNP.
2. Standar Kompetensi Lulusan
Berdasarkan peraturan Menteri No. 23 Tahun 2006, Standar kompetensi lulusan digunakan sebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. Standar kompetensi lulusan ini meliputi seluruh mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran. Kompetensi lulusan ini mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Berdasarkan peraturan Menteri No. 23 Tahun 2006, Standar kompetensi lulusan digunakan sebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. Standar kompetensi lulusan ini meliputi seluruh mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran. Kompetensi lulusan ini mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
3. Standar Penilaian Pendidikan
Standar Penilaian adalah standar yang mengatur mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian prestasi belajar peserta didik.
Standar Penilaian adalah standar yang mengatur mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian prestasi belajar peserta didik.
Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, menurut PP 19 tahun 2005 terdiri dari:
1. Penilaian hasil belajar oleh pendidik
2. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan
3. Penilaian hasil belajar oleh pemerintah.
4. Perangkat Pembelajaran
SKBM adalah pencapaian kompetensi dasar mata
pelajaran oleh siswa per mata pelajaran. Penetapan SKBM ini dilakukan oleh
forum guru yang berada di lingkungan sekolah yang bersangkutan maupun dengan
sekolah yang terdekat (MGMP).
1.Perhitungan hari belajar efektif/ kalender
pembelajaran
2. Program Tahunan, Program Semester
3. Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian
4. Program Satuan Pembelajaran (PSP) dan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
5. Jadwal Pelajaran
6. Tugas siswa
7. Pengembangan diri/ Ekstrakurikuler
8. Program Perbaikan dan Pengayaan
9. Buku nilai
10. Leger/ DKN
11. Kumpulan soal
12. Grafik daya serap/ ketuntasan belajar per MP
13. Grafik nilai UAN (siswa baru dan siswa lulusan)
14. Supervisi PBM
15. Daftar buku-buku wajib, alat peraga dan
referensi.
Rangkuman materi kuliah:
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) AL
HIDAYAH BOGOR (2016 M/1437 H)Subscribe by Email
Administrasi Program Pembelajaran dalam Pendidikan #Materi 8
4/
5
Oleh
Deka productions